Pembekalan KKN yang diikuti semua peserta KKN Pelatihan pengolahan ampas tahu menjadi berbagai produk Upacara Pelepasan peserta KKN UNIMUS Serah terima team KKN vokasi di desa Asinan. Demo besar pengolahan ampas tahu dan firt breifing Kegiatan Asinan Expo yang Menyenangkan Kegiatan team KKN Vokasi UNIMUS di TPA Al Alaq desa Asinan

Selasa, 11 Maret 2014

Suksesnya Asinan Expo


Ahad, 9 Maret 2014. Sejuknya angin pagi menemani kami dalam perjalanan sholat shubuh berjamaah. Hari yang kami nanti-nantikan akhirnya datang juga. Sebelum jam 6 pagi kami sudah mulai bergegas ke balai desa untuk mempersiapkan segala sesuatu demi suksesnya kegiatan Asinan Expo. Akhirnya satu persatu dosen pembimbing lapangan hadir diawali oleh bapak Setia Iriyanto, SE., M.Si. dan diikuti ibu Dra. Eny Winaryani, S.Pd., M.Pd beserta Ibu Siti Aminah, S.TP, M.Si.

Jalan sehat merupakan rangkaian pertama untuk kegiatan Asinan Expo ini. Sebelum jalan santai dimulai, ada pembagian kupon serta sambutan terlebih dahulu dari bu Eny dan bapak kepala desa. Jalan santaipun dibuka oleh bapak kepala desa dengan memotong pita yang telah disediakan panitia. Dalam perjalanan tepatnya dikalistri kupon-kupon mulai dimasukkan ke kotak kupon oleh para peserta jalan sehat. Jalan sehat ini diiringi oleh musik drumband dari MI Al Fatah sehingga menjadikan lebih meriah. Jalan sehat dimulai pukul 07.00 sampai sekitar pukul 08.30. Sesampainya di balai desa para perserta jalan sehat dibagikan snack.
Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah fashionshow, display produk Pasta dari ibu-ibu PKK, dan cek kesehatan gratis yang dilaksanakan secara bersamaan setelah jalan sehat. Alhamdulillah antusias warga untuk mengikuti kegiatan ini pun sangat positif. Terbukti banyak warga yang berhamburan datang dalam kegiatan ini.
Dalam cek kesehatan, ada dua jenisnya yaitu tensi darah dan cek gula darah. Respon dari bapak-bapak dan ibu-ibu dalam cek kesehatan pun sangat positif terutama para lansia. Petugas cek kesehatan ada tiga dari mahasiswa FIKKES Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Dua laki-laki dari Analis Kesehatan dan satu perempuan dari Perawat. Agus salah satu team KKN yang bertugas menjadi koordinasi cek kesehatan sedikit sharing dengan petugas cek kesehatan dan bertanya “dalam cek kesehatan ini masih ada kekurangan atau tidak?”. Salah satu petugas menjawab “sebenarnya dalam cek kesehatan sudah ada paketan mas.. Satu paketnya minimal ada 3 jenis cek kesehatan yaitu cek gula darah, cek asam urat, dan cek kolesterol”. Memang diakui meskipun tidak menjadi massalah tetapi menjadi sedikit kekurangan karena kebanyakan para pasien cek kesehatan bertanya ada cek kolesterolnya apa tidak? Karena kebanyakan dari mereka yang cek kesehatan adalah orang-orang yang notabenya gemuk. Alhamdulillah pasien cek kesehatan mencapai ± 75 orang.
Display produk ampas tahu ini kedatangan dari ibu-ibu PKK RW III, IV, dan V. Awalnya hanya ada tiga RW yang datang yaitu dari RW III dan RW IV saja. Namun disusul oleh RW V. Mereka sangat antusias dan kreatif sehingga beberapa produk ampas tahu di buat seindah mungkin baik dalam bentuk maupun pengemasan dan rasanyapun enak. Dalam penilaian yang dilakukan oleh ibu Siti Aminah, S.TP., M.Si untuk displai produk ini berturut-turut untuk juara I, II, dan III diraih oleh RW III, IV, dan V.
















Display Produk Ampas Tahu Ibu-Ibu PKK
Terakhir adalah Asinan fashionshow dimana pesertanya adalah adik-adik desa Asinan yang masih berumur 7 – 10 tahun. Kegiatan ini sangat meriah karena banyak sekali peserta yang ikut dan berdandan sangat you are beautiful. Kegiatan fashion show ini dimulai pukul 10.00 sampai dengan selesai dimana untuk para dewan juri sendiri ada Kak Monica salah satu team KKN, Ibu Eny Winaryani, dan Ibu kepala desa. Sebelumnya ada penampilan dari beberapa team KKN yaitu tarian “5 Nirmala Cucok”. Perlahan dan pasti para peserta fashionshow mulai beraksi baik dari peserta putra maupun putri. Kejuaraan fashionshow dibagi menjadi dua kategori yaitu putra dan putri masing-masing memperebutkan juara I, II, dan III.
Kegiatan Asinan Expo ditutup dengan foto-foto bersama dengan para juara fashionshow dan rekan-rekan karangtaruna. Rasa bahagia pun tak terbendung hasil yang memuaskan bagi kami karena sudah berhasil mensukseskan kegiatan besar dengan kemandirian team KKN vokasi UNIMUS di desa Asinan ini yang didukung oleh pemuda-pemuda karangtaruna. Kegiatan selesai kami beserta rekan-rekan karangtaruna bersih-bersih dan beres-beres tempat seperti sedia kala. Setelah itu, kami makan bersama diposko utama kami bersama rekan-rekan karangtaruna, dosen-dosen, dan mahasiswa yang telah membantu kami8 dalam cek kesehatan tadi.
Sore hari kami bersama karangtaruna go to Muncul untuk memcuci karpet dan benda lainnya sekaligus refreshing agar tetap semangat menghadapi hari esok. Hari ini ditutup dengan menjenguk salah satu warga Asinan yang masih sakit dan dirawat di RSUD Ambarawa bersama Mbah Su’aib salah satu warga Asinan. Beliau merupakan salah satu kader Muhammadiyah yang pernah bekerja di Departement Agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar