Pembekalan KKN yang diikuti semua peserta KKN Pelatihan pengolahan ampas tahu menjadi berbagai produk Upacara Pelepasan peserta KKN UNIMUS Serah terima team KKN vokasi di desa Asinan. Demo besar pengolahan ampas tahu dan firt breifing Kegiatan Asinan Expo yang Menyenangkan Kegiatan team KKN Vokasi UNIMUS di TPA Al Alaq desa Asinan

Minggu, 23 Februari 2014

Serah Terima Mahasiswa KKN & First Briefing

Senin, 17 Februari 2014.  Mahasiswa KKN Vokasi desa Asinan diberangkatkan pukul 09.30 dengan perkiraan tiba di desa Asinan pukul 12.00. Acara pembukaan di desa Asinan dimulai pukul 14.00 sampai pukul 15.00 di balai desa yang dihadiri oleh kepala desa Asinan, kepala UPTD, kapolsek Bawen, perwakilan dari Diknas, masyarakat desa Asinan yang berjumlah 23 orang.


Susunan acara pada saat pembukaan dan penerimaan mahasiswa KKN Vokasi di desa Asinan yaitu sebagai berikut :
1.      Pembukaan
2.      Pembacaan Kalam Illahi yang dibacakan oleh Susi Windayani.
3.      Sambutan-sambutan yang disampaikan oleh sebagai berikut :
a.       Tim KKN UNIMUS              : Dr. Dra Eny Winaryati., M.Pd
b.      Kepala Desa Asinan               : Lilik Argo Lukito
c.       Kapolsek Kecamatan Bawen : Mulyadi
4.      Serah terima Tim KKN Vokasi di Desa Asinan secara simbolis.
5.      Pembacaan doa oleh H.Setia Iriyanto.,S.E,M.Si
6.      Penutup
Setelah acara pembukaan selesai, para ibu-ibu PKK tetap tinggal untuk berdiskusi masalah kesepakatan waktu dan peminjaman peralatan dari ibu-ibu PKK sebagai penunjang kegiatan demontrasi pengolahan ampas tahu di desa Asinan. Berdasarkan diskusi didapatkan hasil keputusan bahwa demonstrasi pengolahan ampas tahu akan dilaksanakan hari Rabu,19 Februari 2014 pukul 10.00 di desa Asinan.
Tim KKN Vokasi di desa Asinan juga kedatangan tamu ibu Ida Sahara yaitu wakil ketua pimpinan daerah Aisiyah Kabupaten Semarang dan ibu Jati yaitu ketua pimpinan cabang Aisiyah Kecamatan Bawen selain itu beliau juga istri dari mantan camat yang pernah menjabat dari tahun 2006-2012. Selain itu ibu Jati adalah guru SMA Muhammadiyah. Beliau menyampaikan bahwa mayoritas ibu-ibu di desa Asinan adalah ibu-ibu yang aktif dan tertarik terhadap hal-hal yang baru dan beliau mengharapkan para mahasiswa mampu memberikan motivasi serta membagi ilmu yang diperoleh selama kuliah kepada anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah di Tuntang. Kegiatan dalam KKN Vokasi melibatkan organisasi perempuan oleh karenanya KKN Vokasi Unimus bekerjasama dengan pimpinan daerah kabupaten semarang dan diteruskan kerjasama dengan pimpinan cabang Aisiyah Kecamatan Bawen.
Pada malam hari mahasiswa melakukan kegiatan keagamaan yaitu dengan sholat berjamaah di Masjid. Setelah sholat berjamaah dilanjutkan kegiatan evaluasi pada pukul 20.00 sampai pukul 22.00 di posko wanita yang menghasilkan keputusan sebagai berikut :
1.        Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan adalah pengambilan data dari kelurahan yang dilakukan oleh enam mahasiswa pada hari Selasa, 18 Februari 2014 mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai.
2.        Pengambilan data meliputi profil kelurahan, potensi desa setempat, jumlah penduduk, aktivitas masyarakat, jenis usaha masyarakat dan sebagainya melalui kegiatan wawancara dan diskusi.
3.        Diharapkan dilakukan pengumpulan uang kas untuk keperluan kelompok.
4.        Etika dalam tingkah laku harus dijunjung tinggi seperti dilarang keras naik motor bertiga.
5.        Mahasiswa harus mampu menggali kemampuan yang dimiliki agar dapat menyalurkan dalam kegiatan KKN ini.
6.        Ketua tim KKN Vokasi UNIMUS Kecamatan Bawen yaitu Dr. Dra Eny Winaryati., M.Pd memberikan contoh salah satu pemanfaatan limbah seperti bros yang terbuat dari bungkus plastik bekas sehingga diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa Asinan.
7.        Pembagian tugas menulis jurnal harian dipimpin oleh koordinator laki-laki oleh Soni dan koordinator perempuan oleh Puspa.
Konsep mading akan diisi dengan jurnal harian, contact person kepala desa, ketua RW, DPL, dan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar