Pembekalan KKN yang diikuti semua peserta KKN Pelatihan pengolahan ampas tahu menjadi berbagai produk Upacara Pelepasan peserta KKN UNIMUS Serah terima team KKN vokasi di desa Asinan. Demo besar pengolahan ampas tahu dan firt breifing Kegiatan Asinan Expo yang Menyenangkan Kegiatan team KKN Vokasi UNIMUS di TPA Al Alaq desa Asinan

Minggu, 23 Februari 2014

Koordinasi Serta Penyiapan Bahan Dan Alat Pengolahan Ampas Tahu

Jum’at 14 Februari 2014. Persiapan menjelang KKN Vokasi UNIMUS di desa Asinan dilaksanakan kembali pada hari Jum’at tanggal 14 Februari 2014 pukul 08.30 di laboratorium teknologi pangan kampus PPNI UNIMUS dengan berisikan agenda koordinasi kegiatan KKN bersama ketua KKN Vokasi Dr. Dra Eny Winaryati., M.Pd serta penyiapan bahan dan alat pengolahan ampas
tahu yang akan digunakan saat pelaksanaan KKN..Hasil koordinasi bersama ketua KKN Vokasi yaitu sebagai berikut :
1.      Pemberangkatan dan upacara pelepasan mahasiswa KKN UNIMUS dimulai pukul 08.00 sampai pukul 09.30 di kampus rektorat UNIMUS pada hari Senin tanggal 17 Februari 2014.
2.      Mahasiswa KKN Vokasi desa Asinan diberangkatkan pukul 09.30 dengan perkiraan tiba di desa Asinan pukul 12.00.
3.      Acara pembukaan di desa Asinan dimulai pukul 14.00 di balai desa yang dihadiri oleh sekitar 75 orang yang terdiri dari mahasiswa, DPL, perangkat desa dan masyarakat dengan perwakilan tiap dukuh 5 orang.
4.      Silaturahmi berlangsung pada hari Senin malam hingga Selasa siang.
5.      Kegiatan yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2014 adalah demonstarsi pengolahan ampas tahu yang dihadiri oleh perwakilan 6 kelompok dari 5 dukuh.
6.      Silahturahmi akan dilaksanakan kembali pada hari Kamis tanggal 20 Februari 2014.
7.      Mahasiswa melakukan kegiatan bimbingan tiap kelompok masyarakat selama kurang lebih 2 minggu.
8.      Hari kamis tanggal 27 Februari 2014 dilakukan pameran hasil produksi pengolahan ampas tahu oleh kelompok masyarakat.
9.      Sela waktu selama pembimbingan kelompok masyarakat dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi pabrik tahu, silahturahmi ke panti asuhan dengan dilanjutkan demonstrasi pengolahan ampas tahu, penyuluhan kesehatan reproduksi di SD sekitar dan melihat keadaan tempat wisata sekitar seperti rawa pening untuk mengetahui potensi jual tumbuhan eceng gondek yang terdapat disana.
10.  Bahan pengolahan ampas tahu yang susah didapatkan akan disediakan oleh pihak kampus.
          Berdasarkan hasil koordinasi dengan ketua KKN Vokasi tersebut menunjukkan bahwa KKN yang dilakukan sudah memenuhi nuansa ekonomi, nuansa lingkungan, nuansa pendidikan, dan nuansa kesehatan. Selain itu mahasiswa pada hari ini menyiapkan segala bahan dan alat pengolahan ampas tahu yang akan digunakan oleh kelompok masyarakat pada KKN di desa Asinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar