Pembekalan KKN yang diikuti semua peserta KKN Pelatihan pengolahan ampas tahu menjadi berbagai produk Upacara Pelepasan peserta KKN UNIMUS Serah terima team KKN vokasi di desa Asinan. Demo besar pengolahan ampas tahu dan firt breifing Kegiatan Asinan Expo yang Menyenangkan Kegiatan team KKN Vokasi UNIMUS di TPA Al Alaq desa Asinan

Minggu, 23 Februari 2014

Observasi di Kantor Kelurahan & Kegiatan Posyandu

Selasa, 18 Febuari 2014. Team KKN VOKASI UNIMUS Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang memasuki hari ke-2 berada di Desa Asinan. Di hari ke-2 ini semua anggota dibagi-bagi tugas untuk melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Tim Sony Dkk melakukan kunjungan ke kantor Balai Desa Asinan untuk melakukan interview dengan bapak lurah guna mendapatkan Profil tentang desa dan Dusun yang ada di Desa Asinan serta pendataannya.


Dalam kinjungan itu Sonny Dkk memperoleh data karakteristik penduduk , Buku Induk Penduduk (BIP) akhir tahun 2012 dan data organisasi Desa. Pak lurah desa asinan menceritakan beberapa kendala yang ditemukan dalam masalah pendataan penduduknya, antara lain yaitu pihak desa tidak memiliki file softcopy data-data penduduk desa hanya ada dalam buku saja selain itu data yang dimiliki kurang akurat dan hanya sampai akhir tahun 2012. Kami selaku Mahasiswa KKN dimintai bantuan dalam melengkapi dan memperbaiki pendataan. Langkah pertama yang akan dilakukan oleh tim kami adalah melakukan koordinasi dengan pihak RT dengan mendata warga-warga. Setelah itu data-data yang telah terkumpul diolah sampai menjadi BIP.
Tim KKN lainnya melakukan kegiatan di dua tempat berbeda yaitu di dusun Mangkelang dan Desa asinan. Kedua tim sama-sama melakukan kegiatan di Posyandu yang pada hari ini sedang dilaksanakan. Desa Mengkelang mempunyai kegiatan posyandu yang bernama Putri Sejati V yang diadakan dikediaman Ibu Sih dan diketuai oleh Ibu Fanda., dan Ibu Tia selaku bidan, beliau telah bekerja selama 4 tahun.Kegiatan posyandu ini diadakan sebulan sekali tepatnya hari selasa pada minggu ketiga. Posyandu ini diikuti sekitar ±50 balita dan batita. Kegiatan dimulai pada pukul 8.00 sampai 10.00 pagi. Sedangkan di Desa Asinan dengan nama kelompok Posyandu Krajan Putri Sejati 2 dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Jumlah balita yang mengikuti posyandu ada ±37 balita. Kegiatan posyandu ini dilaksanakan di Balai Desa Asinan.
Kegiatan posyandu diantaranya yaitu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan serta pemberian vitamin. Vitamin yang diberikan kepada anak ada dua jenis, jenis yang pertama berbentuk kapsul warna biru yang akan di berikan kepada anak mulai 6 bulan sampai satu tahun. Jenis yang kedua berbentuk kapsul warna merah di berikan kepada anak yang berumur satu tahun keatas. Kegiatan posyandu juga memeriksa ibu-ibu yang sedang hamil serta memeriksa anak-anak yang menggunakan kartu KMS (Kartu Menuju Sehat) yang digunakan bagi pemeriksaan anak-anak yang masih batita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar